Panduan Aktivasi Elearning UT (Tuton)

Menurut Michael, Elearning adalah suatu sistem atau konsep pendidikan yang memanfaatkan teknologi informasi dalam proses belajar mengajar. Pembelajaran yang disusun dengan tujuan menggunakan sistem elektronik atau komputer sehingga mampu mendukung proses pembelajaran (Michael, 2013:27).

Salah satu layanan Universitas Terbuka adalah Elearning atau yang biasa dikenal dengan Tutorial Online (Tuton). Tuton bagi mahasiswa UT menjadi hal yang lumrah dilaksanakan karena sistem pembelajaranya yang berbeda dengan perguruan tinggi konvensional lainya.

Berikut penjelasan tentang cara aktivasi elearning bagi mahasiswa UT:

Pertama : Mahasiswa membuka website https://elearning.ut.ac.id/, pilih menu Aktivasi.


Kedua : Setelah menu aktivasi di klik, maka akan muncul beberapa informasiberkaitan dengan ketentuan dan tata tertib anggota UT online yang perlu di konfirmasi dengan diakhiri menu Continue.

Ketiga : sebelum aktivasi layayan ini, pastikan mahasiswa mengisi seluruh permintaan data yang diminta, yaitu nim, tanggal lahir, email (direkomendasikan adalah email yang terdapat di Office365. baca : Panduan Aktivasi Email Office365 Bagi Mahasiswa UT), dan nomor HP. Setelah semua terisi dengan benar klik tombol KIRIM

Keempat : Buka email yang digunakan untuk aktivasi dan ikuti pettunjuk yang ada di email tersebut.

Kelima : Login ke https://elearning.ut.ac.id dengan menggunakan User NIM, dan pasword yang telah dikirim ke email.

Keenam: Jika sudah berhasil logini ke https://elearning.ut.ac.id, langkah selanjutnya adalah menyetujui mengikuti tuton dengan mengklik FORMULIR KESEDIAAN MENGIKUTI TUTON.


Ketujuh : juka sudah saatnya tuton berlangsung, mahasiswa tinggal login menggunakan cara ke enam dan selanjutnya selamat mengikuti tuton yang berlangsung.

Layanan online berkaitan dengan layanan UT adalah :

3. Mengakses dan Memanfaatkan Tbo
4. Mengakses dan Memanfaatkan Ba Digital
5. Mengakses dan Memanfaatkan Perpustakaan Digital
7. Mengakses dan Memanfaatkan Wifi Id
8. Mengakses dan Memanfaatkan Call Center Ut

Post a Comment

Previous Post Next Post